Hindari Riba, Intip 6 Cara Menabung Emas Yang Halal Yang Bisa Anda Lakukan

Hindari Riba, Intip 6 Cara Menabung Emas Yang Halal Yang Bisa Anda Lakukan
Hindari Riba, Intip 6 Cara Menabung Emas Yang Halal Yang Bisa Anda Lakukan

Noak.id, Investasi Emas – Emas menjadi salah satu logam mulia yang kerap kali diincar sebagai investasi. Namun, anda pun perlu tahu bahwa terdapat cara menabung emas yang halal.

Cara ini biasanya akan dicari oleh investor muslim yang cenderung ingin menghasilkan pendapatan dengan cara yang halal. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin mencobanya simak tipsnya berikut ini.

 

Mengintip Tips Investasi Emas Dengan Cara yang Halal

1. Kenali Dulu Tempat Anda Akan Menabung Atau Investasi

Hal pertama yang harus anda lakukan ketika ingin investasi atau menabung emas adalah dengan mengenali terlebih dahulu tempat dimana anda akan berinvestasi. Meskipun terdengar sepele, cara satu ini sangatlah penting. Pasalnya, dengan mengetahui tempat dimana anda akan investasi akan terhindar dari resiko penipuan.

Sebab, di jaman sekarang banyak sekali investasi bodong dengan iming iming bunga yang besar namun ternyata semua hanya bohong belaka. Yang ada, uang atau emas investasi anda akan raib dan dibawa oleh penipu investasi tersebut. Untuk itu, tentunya penting bagi anda untuk mengecek terlebih dahulu tempat atau alamat dari investasi tersebut.

Cara menabung emas yang halal ini wajib anda lakukan. Ada beberapa cara yang bisa anda coba, pertama dengan mengecek lokasi secara langsung apakah alamat tersebut memang benar tempat investasi atau tabungan emas. Selanjutnya, anda juga bisa mengeceknya secara online di Google Maps atau situs apakah memang ada tempat investasi tersebut.

See also  Kamu memilih jadi pengusaha atau karyawan?

2. Pahami Produk yang Ditawarkan

Ketika anda ingin menabung emas dalam bentuk investasi, ada baiknya anda jangan percaya percaya saja. sebelum memutuskan untuk berinvestasi, ada baiknya anda memahami terlebih dahulu produk yang ditawarkan oleh investasi tersebut. Kemudian, anda juga perlu tahu apa saja keuntungan dari investasi yang ditawarkan.

Apabila anda mendapati bahwa tabungan atau investasi emas tersebut memiliki keuntungan yang tidak masuk akal, sebaiknya anda segera curiga. Hal yang bisa anda lakukan adalah mempertanyakan akan kebenaran dan asal usul sampai anda bisa mendapatkan keuntungan yang melimpah tersebut.

Tanyakan secara detail, agar anda nantinya terhindar dari resiko penipuan. Cara menabung emas yang halal ini memang hal yang penting. Sebab, anda bisa tahu emas yang nantinya akan anda dapatkan apakah halal atau riba. Untuk itu, sangat penting dalam mengenali jenis produk yang akan ditawarkan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk investasi.

3. Pastikan Perusahaan Aman

Hal lain yang bisa anda lakukan ketika ingin menabung emas dengan cara yang halal adalah memastikan terlebih dahulu apakah perusahaan tersebut aman atau tidak. Tips yang bisa anda lakukan adalah dengan mengecek dan mengunjungi situs yang dimiliki oleh perusahaan investasi tersebut.

Anda bisa memastikan artikel yang diunggah, testimoni dari orang yang telah melakukan investasi emas di tempat tersebut dan sebagainya. Selain itu, hal penting lainnya adalah dengan memperhatikan kontak yang bisa untuk dihubungi. Perhatikan bahwa kontak tersebut masih aktif atau tidak.

Disini, anda bisa mencoba untuk melakukan telepon atau mengirim pesan ke nomor yang tertera pada halaman website. Apabila anda mendapati bahwa nomor telepon tersebut tidak dapat dihubungi, maka anda pun perlu waspada dan curiga. Sebab, bisa jadi perusahaan investasi ini hanya kedok belaka.

See also  Amalan Yang Harus Dijauhi Untuk Menjaga Keharmonisan Keluarga

Kemudian, cara menabung emas yang halal ini juga bisa anda lakukan dengan mengecek kapan terakhir perusahaan tersebut berinteraksi di internet. Caranya adalah dengan mengecek unggahannya di media sosial maupun mengecek artikel yag ada di website tersebut.

4. Memastikan Legalitas Sebuah Perusahaan

Ketika anda memilih tempat investasi untuk menabung emas, pastikan pula bahwa perusahaan tersebut telah legal. Hal ini dikarenakan saat anda memilih tempat investasi yang terpercaya, pastikan legalitas dari perusahaan tersebut. Kemudian, anda pun bisa mencari berita atau artikel tentang perusahaan sebelum berinvestasi.

Cara satu ini dapat anda lakukan untuk mengantisipasi hal buruk yang bisa saja terjadi di masa mendatang. Apabila anda menemukan adanya berita buruk terkait dengan perusahaan tersebut, sebaiknya anda membatalkan rencana untuk melakukan investasi di tempat tersebut.

Hal ini dikarenakan apabila terdapat berita buruk, bisa saja memang perusahaan tersebut pernah melakukan tindak penipuan. Namun, anda juga perlu berhati hati di dalam memilih berita yang tepat. Pasalnya, saat ini terdapat banyak sekali berita hoax. Untuk itu, pintar pintarlah dalam memilah berita terkait perusahaan sebelum anda melakukan investasi.

5. Pilih yang Aman dan Terpercaya

Cara menabung emas yang halal selanjutnya adalah pilih yang aman dan juga terpercaya. Apabila anda ingin melakukan investasi emas syariah, penting bagi anda untuk mengetahui terlebih dahulu apakah tempat yang akan anda investasikan telah terpercaya atau tidak.

Selain itu, anda pun perlu kroscek terlebih dahulu. Pastikan tempat yang anda pilih telah aman dan juga terpercaya. Apabila anda belum menentukan tempat investasi emas syariah, maka poin satu ini sangat penting untuk diperhatikan. Oleh karena itu, ketika anda ingin mulai melakukan investasi emas, perhatikan poin penting satu ini.

Sebab, dengan memilih tempat atau perusahaan yang aman dan juga terpercaya, hal ini akan mengurangi resiko terkena tindak penipuan atau resiko yang lain. Cara menabung emas yang halal ini memang sangat penting. Mengingat di jaman sekarang banyak orang yang cenderung manipulatif.

See also  Rajin Ibadah Tapi Sulit Rejeki? Apakah Termasuk Tanda Kurang Bersyukur?

Banyak dari mereka yang mengatasnamakan syariah dan halal, namun ternyata juga menempuh jalur yang riba. Selain itu, banyak pula bermunculan investasi bodong. Jenis investasi ini tentunya akan merugikan calon investor ketika ingin melakukan investasi emas di kemudian hari.

6. Pilih yang Halal dan Tidak Riba

Memang sebelum mulai melakukan investasi, ada baiknya anda memilih jenis tabungan atau investasi emas yang halal dan tidak mengandung riba. Hal ini tentu saja sesuai dengan syariat Islam. Di dalam memilihnya, pastikan bahwa keuntungan yang anda dapatkan nantinya memang dalam bentuk yang halal.

Oleh karena itu, sebelumnya anda bisa memastikan terlebih dahulu apakah jenis investasi atau tabungan emas yang akan anda jalankan telah bersifat halal atau tidak. Hindari adanya praktik riba di dalam investasi emas yang akan anda lakukan tersebut. Contohnya saja, ketika anda ingin menginvestasikan emas pada sebuah perusahaan, pastikan anda mengetahui perusahaan tersebut bergerak di bidang apa.

Hal ini memiliki tujuan agar nantinya emas yang anda investasikan tidak akan digunakan oleh perusahaan untuk hal hal yang melenceng atau tidak sesuai degan ajaran Islam. Oleh karena itu, sebelum anda mulai melakukan investasi emas, ada baiknya anda memikirkannya secara matang terlebih dahulu.

Itulah beberapa hal yang memang perlu anda perhatikan ketika ingin melakukan tabungan atau investasi emas. Tentunya hal ini dikarenakan agar anda tidak mengalami hal hal buruk di kemudian hari. Untuk itu, sebelum anda mulai melakukan investasi emas, ada baiknya untuk mengecek dahulu tempat dimana anda akan berinvestasi