Anjuran Membaca Al-Qur’an Secara Merdu

Noak.id, Membaca Al-Qur’an Secara Merdu – Ketika kita berbicara tentang membaca Al-Quran, kita tidak hanya berbicara tentang kata-kata yang tertulis, tetapi juga tentang bagaimana kita menyampaikannya. Dalam Islam, ada anjuran yang kuat untuk memperindah suara saat membaca Al-Quran. Hal ini tercermin dalam dua hadits yang menggambarkan bagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menghargai keindahan suara dalam membaca Al-Quran.

Hadits Pertama: Keistimewaan Suara dalam Membaca Al-Quran

Anjuran Membaca Al-Qur’an Secara Merdu
noak.id

Dalam kitab Riyadhus Sholihin karya Imam Nawawi, Bab 182 menyebutkan sunnahnya memperindah suara ketika membaca Al-Quran dan meminta orang lain membacanya karena suaranya yang indah. Hadits ini menceritakan bahwa Abu Musa Al-Asy’ary radhiyallahu ‘anhu mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan pujian luar biasa kepadanya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepadanya,

“Sungguh engkau telah diberi salah satu seruling keluarga Daud.” Ini adalah pujian yang sangat tinggi karena suaranya yang indah saat membaca Al-Quran. (Muttafaqun ‘alaih) [HR. Bukhari, no. 5048 dan Muslim, no. 793].

Hadits Kedua: Rasulullah sebagai Contoh

Dalam riwayat Muslim, kita mendapati bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mendengarkan bacaan Al-Quran dengan penuh perhatian.

Bahkan, beliau bersabda kepada Abu Musa Al-Asy’ary, “Seandainya engkau melihatku ketika aku mendengarkan bacaanmu tadi malam.”

Ini menunjukkan bahwa Rasulullah sendiri memberikan contoh dalam mendengarkan dan mengapresiasi bacaan Al-Quran yang indah.

Mengapa Memperindah Suara dalam Membaca Al-Quran Penting?

Terdapat beberapa faedah yang dapat kita ambil dari hadits-hadits ini:

  1. Kualitas Bacaan: Ketika seseorang memperindah suaranya saat membaca Al-Quran, hal itu membuat Al-Quran menjadi lebih enak didengar. Ini memungkinkan pesan-pesan Al-Quran untuk masuk dengan lebih baik ke dalam hati para pendengarnya.
  2. Kesungguhan: Ketika kita mendengarkan bacaan yang indah, hal ini dapat meningkatkan kesungguhan kita dalam mendengarkan pesan-pesan Al-Quran.
  3. Tajwid yang Benar: Memperindah suara juga sering kali berarti memperhatikan kaidah tajwid dengan lebih baik. Ini memastikan bahwa kita membaca Al-Quran dengan benar dan sesuai dengan aturan yang ditetapkan.
See also  Ketika Kita Menyerah Dalam Berdoa, Apakah Boleh?

Panduan Praktis dalam Membaca Al-Quran dengan Suara yang Indah

  1. Pelajari Tajwid: Pelajari kaidah tajwid dengan baik agar Anda dapat membaca Al-Quran dengan benar. Ini mencakup pengucapan huruf-huruf dengan jelas dan sesuai dengan aturan.
  2. Latihan Reguler: Latihan membaca Al-Quran secara teratur akan membantu memperindah suara Anda. Anda dapat merekam bacaan Anda sendiri dan mendengarkannya untuk mengevaluasi kemajuan Anda.
  3. Berikan Emosi: Saat membaca Al-Quran, cobalah untuk mengekspresikan makna ayat-ayat tersebut dengan memasukkan emosi dalam suara Anda. Ini akan membuat bacaan Anda lebih menggetarkan hati.
  4. Jangan Terlalu Berlebihan: Meskipun disunnahkan memperindah suara, hindari melagukan Al-Quran seperti musik. Tetaplah dalam batas-batas yang benar sesuai dengan nilai-nilai Islam.
  5. Diam Saat Mendengarkan: Ketika Anda mendengarkan bacaan Al-Quran, berikan perhatian penuh tanpa gangguan agar Anda dapat meresapi pesan-pesan yang terkandung dalam Al-Quran.

Mengambil inspirasi dari anjuran Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk memperindah suara dalam membaca Al-Quran adalah langkah penting dalam meningkatkan kualitas ibadah kita. Dengan membaca Al-Quran dengan suara yang indah, kita dapat mendekatkan diri kepada Allah dan memahami pesan-pesan-Nya dengan lebih baik. Semoga kita semua dapat mencapai keistimewaan ini dalam ibadah kita sehari-hari.