Amalan Yang Harus Dijauhi Untuk Menjaga Keharmonisan Keluarga

Amalan Yang Harus Dijauhi Untuk Menjaga Keharmonisan Keluarga
Amalan Yang Harus Dijauhi Untuk Menjaga Keharmonisan Keluarga

Noak.id, Rasulullah SAW mengingatkan suami istri agar bisa melindungi diri mereka dan keluarganya dari prilaku yang menyebabkan kehancuran .

 

Ada 3 amalan yang harus dijauhi untuk menjaga keharmonisan keluarga dan terhindar dari kehancuran, yaitu :

1. Sikap kikir

Sikap kikir itu menyingkirkan kedermawanan dan melalaikan tanggung jawab serta mengabaikan nafkah pada keluarga. Ia telah bersikap zalim sebab membiarkan mereka dalam kesulitan hingga timbul percekcokan dan hilang keharmonisan.

2. Memutuskan silaturrahim

Jika suami atau istri menghentikan komunikasi dan menghambat interaksi berulang kali, maka akan menghancurkan keharmonisan.

3. Melakukan perbuatan maksiat

Melakukan perbuatan yang dilarang oleh agama akan membuat hati tertutup oleh noda-noda dosa sehingga jauh dari hidayah dan memusuhi kebenaran. Hal tersebut akan menghilangkan kedamaian dan keharmonisan keluarga.

 

Menjadi Dermawan

Amalan Yang Harus Dijauhi Untuk Menjaga Keharmonisan Keluarga

Suami & istri harus berubah menjadi lebih dermawan, memberikan nafkah yang cukup kepada keluarga, berzakat, berinfak dan bersedekah. Bahkan berbagi dengan harta, juga dengan ilmu dan tenaga. Sehingga dapat menguatkan silatur rahim dan memperbabyak kebaikan.

Maka suami & istri harus bisa melindungi diri mereka dan keluarganya dari 3 prilaku buruk tersebut agar tetap harmonis dan terhindar dari kehancuran keluarga.

Sumber kehancuran keluarga bisa bermula dari sikap kikir yang bisa berakibat pada putusnya silaturrahim dan timbulnya perbuatan yang berdosa. Rasulullah SAW bersabda :

 

إِيَّاكم والشّح فإنما هلك من كان قبلكم بالشحّ أمرهم بالبخل فبخلوا وأمرهم بالقطيعة فقطعوا وأمرهم بالفجور ففجروا . ( رواه ابو داود )

See also  Hamzah bin Abdul Mutholib, Sang Singa Allah dan Rasul Nya

“Jauhilah sikap kikir, sesungguhnya telah binasa orang-orang sebelum kalian disebabkan kikir. Kikir itu telah mengarahkan mereka berbuat bakhil memutuskan silaturrahim, dan berbuat kejahatan.”

(HR. Abu Dawud).

 

Sumber : IG Ustadzah @aanrohanah_16