Sikap Jujur Menghadirkan Ketenangan Dan Keberkahan

Noak.id, Suami istri akan bisa membangun keluarganya penuh dengan ketenangan dan keberkahan, jika dilandasi oleh sikap jujur. Hati mereka bersih dari hal-hal yang membuat mereka gelisah, kecewa, sedih, curiga, buruk sangka, marah atau benci.

Maka suami dan istri harus memperkuat iman dan takwanya agar memiliki komitmen untuk seterusnya akan selalu bersikap jujur kepada pasangannya sehingga ikatan pernikahan dan cinta mereka semakin kokoh tertanam di dalam jiwa, fikiran dan prilaku.

Karena itu, Allah telah memerintahkan mereka untuk selalu hidup bersama dalam keimanan, ketakwaan dan kejujuran. Allah SWT berfirman:

 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَكُونُوا مَعَ الصَّادِقِينَ

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kalian kepada Allah, dan hendaklah kalian bersama orang-orang yang jujur ”

( At-Taubah: 119).

 

Suami dan istri yang memiliki sikap jujur akan membuat pasangannya merasa nyaman dan percaya kepada kesetiaannya.


Sedangkan jika suami atau istri sudah berbohong kepada pasangannya, maka ia akan menutupi kebohongannya dengan kebohongan yang lain sehingga hidupnya tidak akan tenang. Rasulullah bersabda:

 

….فَإِنَّ الصِّدْقَ طُمَأْنِينَةٌ ، وَإِنَّ الكَذِبَ رِيبَةٌ . ( رواه الترمذى )

” ….Sesungguhnya kejujuran itu ketenangan dan sesungguhnya kedustaan (akan mengantarkan kepada) keragu-raguan ( kegalauan ).”

( HR. At-Tirmidzi )

 

Sikap jujur suami istri selain dapat menghadirkan ketenangan di dalam jiwa, juga dapat menghadirkan keberkahan dalam hidup mereka. Rasulullah bersabda:

الْبَيِّعَانِ بِالْخِيَارِ مَا لَمْ يَتَفَرَّقَا فَإِنْ صَدَقَا وَبَيَّنَا بُورِكَ لَهُمَا فِى بَيْعِهِمَا …..( رواه البخارى ومسلم )

” Penjual dan pembeli memiliki hak memilih, selama mereka belum berpisah. Apabila mereka jujur dan saling menjelaskan (terbuka), maka mereka akan diberikan keberkahan di dalam jual belinya”

( HR. Bukhari dan Muslim )

See also  KARENA CINTA ADALAH PILIHAN

 

Semoga dengan keberkahan itu mereka diberikan kemudahan dalam segala urusan dan kelapangan dalam memperoleh rizki yang halal sehingga mereka bisa menggapai kemakmuran lahir dan batinnya.