Saat Hidupmu Terasa Tak Seindah Hidup Orang Lain

Noak.id, Saat Hidupmu Terasa Tak Seindah Hidup Orang Lain – Ada mungkin terasa di hati kita, Segumpal bahkan segunung rasa dalam diri kita, kalau hidup yang kita jalani saat ini mungkin tak seindah atau sebahagia orang lain. Bersikaplah qanaah…

Hingga menganggap, rumput tetangga itu warnanya lebih hijau dari milik kita. Yah, sesuatu yang terlihat mata itu bisa saja menipu dan tak seindah yang dibayangkan.

Bersikap Qanaah

Bersikap Qanaah merupakan salah satu sifat yang sangat dihargai dalam agama Islam. Qanaah berarti kedamaian dan kesenangan hati yang datang dari dalam diri seseorang. Orang yang memiliki sifat qanaah akan selalu bersikap tenang dan tidak mudah terpengaruh oleh keadaan yang tidak menyenangkan.

Mereka tidak mudah terpengaruh oleh keadaan yang tidak menyenangkan karena mereka memahami bahwa segala sesuatu di dunia ini adalah takdir Allah dan bahwa setiap kejadian pasti memiliki hikmah tersendiri. Mereka tidak mudah panik atau tertekan karena mereka percaya bahwa Allah selalu ada untuk membantu mereka melewati segala masalah yang dihadapi.

Selain itu, orang yang bersikap qanaah juga tidak mudah marah atau emosi. Mereka selalu mampu mengendalikan emosi mereka dan tidak mudah terpancing untuk melakukan tindakan yang tidak bijak. Mereka selalu berusaha untuk bersikap santun dan bijaksana dalam menghadapi segala situasi, karena mereka menyadari bahwa kemarahan hanya akan menyebabkan kerusakan dan kehancuran di sekitar kita.

Bersikap qanaah juga sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, karena dengan sifat yang tenang dan tidak mudah terpengaruh, seseorang akan lebih mudah menjalin hubungan yang harmonis dengan orang lain. Mereka akan lebih mudah menjadi pemimpin yang dapat dipercaya dan dihargai oleh orang lain, karena mereka selalu mampu menjadi contoh yang baik dalam menghadapi segala masalah yang dihadapi.

See also  Inilah Sunnah Rasul Yang Membuat Hubungan Keluarga Semakin Romantis

Oleh karena itu, marilah kita semua berusaha untuk memiliki sifat qanaah dalam kehidupan kita sehari-hari. Dengan demikian, kita akan selalu dapat menjalani kehidupan dengan penuh kedamaian dan kesenangan hati. Semoga Allah senantiasa memberikan kekuatan dan kesabaran kepada kita semua untuk bersikap qanaah dalam segala situasi.

Kalau kata pepatah Jawa, Urip iku mung sawang sinawang. Mula aja mung nyawang sing kesawang. Hidup itu hanya tentang melihat dan dilihat. Jadi jangan hanya melihat dari apa yang terlihat. Bersikaplah qanaah…

Semua memiliki kehidupannya masing-masing. Bisa jadi, ketika engkau menginginkan kehidupan seperti orang lain, ada pula orang lain yang menginginkan kehidupan sepertimu.

Saat Hidupmu Terasa Tak Seindah Hidup Orang Lain

Ah, bukankah terlalu sia-sia, bahkan melelahkan jika yang ada dibenak hanya membanding-bandingkan hidup orang lain? bukankah dunia itu teramat menipu? Terlihat indah sebelum dimiliki, kan terasa biasa-biasa saja ketika telah didapatkan? Bersikaplah qanaah…

Dalam karya Al Qonaah karya As Syaikh Abdullah bin Ibrahim Dawud, beliau menjelaskan bahwa Qonaah adalah, “Engkau ridha dan menerima pemberian Allah kepadamu dalam kehidupan dunia ini, baik sedikit atau banyak. Engkau menyeragkan urusanmu kepada Rabbmu. Engkau mengetahui bahwa Allah lebih tahu, lebih penyayang terhadapmu daripada dirimu sendiri.”

 

Bersikaplah qanaah… Semoga kita termasuk orang-orang yang bersyukur.

“Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” (Q.S Ibrahim : 7)

 

Hadits dan Ayat Alquran tentang Qanaah

“Barangsiapa yang menguasai emosinya ketika marah, maka dia akan masuk surga.” (HR. Bukhari)

“Sesungguhnya Allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” (QS. Ar-Ra’d: 11)

“Dan hendaklah kamu selalu bersikap sabar, sesungguhnya Allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum sebelum mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” (QS. Ar-Ra’d: 11)

“Hai orang-orang yang beriman, jadilah kamu orang-orang yang selalu sabar, selalu bersikap qanaah, serta berseru kepada Allah dengan patuh.” (QS. Al-Baqarah: 153)

“Sesungguhnya Allah senang kepada orang-orang yang bersikap sabar.” (QS. Al-Baqarah: 153)

“Barangsiapa yang bersikap sabar dan bersikap qanaah, maka sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuatan.” (QS. Al-Baqarah: 45)

“Barangsiapa yang bersikap qanaah, maka dia akan mendapat kebahagiaan di dunia dan akhirat.” (HR. Tirmidzi)

“Sesungguhnya orang yang paling baik di antara kalian adalah orang yang paling banyak bersikap qanaah.” (HR. Tirmidzi)