Kenali Tanda Kamu Berhasil Mengalahkan Trauma Masa Lalu

Noak.id, Mengalahkan Trauma Masa Lalu – Kamu mungkin sedang berusaha mengalahkan trauma di masa lalu akibat kejadian yang mengguncang kesehatan mentalmu, seperti kekerasan, kejahatan, bencana alam, kecelakaan atau peperangan.

Pengalaman traumatis tersebut tak jarang meninggalkan trauma yang mengganggu keseharianmu, namun saat kamu sudah melakukan terapi maupun pengobatan untuk menyembuhkannya kamu menjadi lebih segar secara mental.

Mengalahkan Trauma Masa Lalu

1. Lebih kuat mental

Meskipun hidupmu masih banyak rintangan dan tantangan, tapi kamu menjadi lebih kuat secara mental untuk menghadapinya. Setelah trauma yang begitu berat akibat kejadian di masa lalu, kamu menjadi paham bagaimana mengatasi emosi negatif yang kadang muncul saat menghadapi kejadian yang mirip.

2. Lebih terbuka

Jika sebelumnya kamu sering memendam semua masalah sendiri, menutup diri, dan membatasi hubungan dengan orang lain, kini kamu lebih terbuka kepada orang lain, lebih sayang dengan orang-orang terdekat, dan lebih mindful dalam menghabiskan waktu sendiri atau bareng mereka.

3. Lebih bersyukur

Kamu jadi lebih mensyukuri hidupmu sebagai kesempatan yang perlu dihargai, bahkan hal terkecilpun menjadi sangat bermakna, seperti menghirup udara segar, menikmati hangatnya matahari, bangun di pagi hari, bersama orang-orang tersayang.

4. Hidup jadi lebih bermakna

Tujuan hidup yang kamu pilih menjadi lebih bermakna dan bahkan bermanfaat untuk orang lain juga. Segala yang kamu lakukan memiliki niat yang baik untuk kepentingan diri sendiri dan orang lain, seperti kamu jadi lebih sering bersedekah karena tahu bagaimana rasanya hidup serba kekurangan, atau bercita-cita menjadi psikolog karena dulu punya mental illness.

See also  Teladan bagi seorang ayah, Pelajaran dari Umar Bin Khathab

5. Menjadi lebih bijaksana

Kamu selalu bisa mengambil hikmah di balik segala hal yang kamu alami, lebih dekat kepada Allah, dan tidak mudah menghakimi orang lain.

Semua tanda-tanda di atas akan dialami oleh mereka yang telah sembuh dari trauma, namun yang perlu diingat bahwa tiap orang akan melewati proses yang berbeda-beda untuk sembuh dari trauma.

Jangka waktu yang dilewatinya juga berbeda-beda, semua butuh proses. Yang terpenting kamu terus menyadari masalah yang ada pada dirimu sendiri dan berusaha untuk terus pulih. Jangan lupa untuk selalu berdoa dan meminta kemudahan kepada Allah subhanahu wa ta’ala.