Bukan hanya sekedar permintaan, Inilah 6 Makna Doa Yang Perlu Kita Ketahui

Bukan hanya sekedar permintaan, Inilah 6 Makna Doa Yang Perlu Kita Ketahui
Bukan hanya sekedar permintaan, Inilah 6 Makna Doa Yang Perlu Kita Ketahui

Noak.id, Makna Doa, Doa merupakan cara umat Islam untuk berserah diri dan mengabdi kepada Allah. Selain itu, doa juga bisa dimaknai sebagai beribadah, meminta pertolongan, meminta atau memohon sesuatu, mengungkapkan rasa terima kasih, memohon ampun dan meminta petunjuk.

Doa juga merupakan salah satu cara untuk mengungkapkan kelemahan dan kebutuhan kita kepada Allah. Dengan cara ini, kita bisa mengandalkan kekuatan dan pertolongan Allah dalam menghadapi segala macam problematika kehidupan. Namun secara bahasa doa memiliki banyak makna, tidak hanya berarti permohonan, yaitu:

 

1. Beribadah, sebagaimana ayat berikut:

 

وَلَا تَدْعُ مِن دُونِ ٱللَّهِ مَا لَا يَنفَعُكَ وَلَا يَضُرُّكَ ۖ فَإِن فَعَلْتَ فَإِنَّكَ إِذًا مِّنَ ٱلظَّٰلِمِينَ

Artinya: Dan janganlah kamu beribadah apa-apa yang tidak memberi manfaat dan tidak (pula) memberi mudharat kepadamu selain Allah; sebab jika kamu berbuat (yang demikian), itu, maka sesungguhnya kamu kalau begitu termasuk orang-orang yang zalim”. (Yunus: 106)

2. Meminta pertolongan, seperti pada ayat:

 

وَإِن كُنتُمْ فِى رَيْبٍ مِّمَّا نَزَّلْنَا عَلَىٰ عَبْدِنَا فَأْتُوا۟ بِسُورَةٍ مِّن مِّثْلِهِۦ وَٱدْعُوا۟ شُهَدَآءَكُم مِّن دُونِ ٱللَّهِ إِن كُنتُمْ صَٰدِقِينَ

Artinya: Dan jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang Al Quran yang Kami wahyukan kepada hamba Kami (Muhammad), buatlah satu surat (saja) yang semisal Al Quran itu dan mintalah (pertolongan) penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar. (Al-Baqarah: 23)

 

3. Meminta atau memohon, dalilnya:

 

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

See also  Hati-hati nak, Jebakan itu ada di sekitarmu.!

Artinya: Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah (memohonlah) kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”. (Al-Mukmin: 60)

4. Ajakan, seruan atau panggilan, seperti pada ayat:

يَوْمَ يَدْعُوكُمْ فَتَسْتَجِيبُونَ بِحَمْدِهِۦ وَتَظُنُّونَ إِن لَّبِثْتُمْ إِلَّا قَلِيلًا

Artinya: Yaitu pada hari Dia memanggil kamu, lalu kamu mematuhi-Nya sambil memuji-Nya dan kamu mengira, bahwa kamu tidak berdiam (di dalam kubur) kecuali sebentar saja. (Al-Isra’: 52)

 

5. Pujian

 

قُلِ ٱدْعُوا۟ ٱللَّهَ أَوِ ٱدْعُوا۟ ٱلرَّحْمَٰنَ ۖ أَيًّا مَّا تَدْعُوا۟ فَلَهُ ٱلْأَسْمَآءُ ٱلْحُسْنَىٰ ۚ وَلَا تَجْهَرْ بِصَلَاتِكَ وَلَا تُخَافِتْ بِهَا وَٱبْتَغِ بَيْنَ ذَٰلِكَ سَبِيلًا

Artinya: Katakanlah: “Berdoalah (dengan menyebut nama) Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai al asmaaul husna (nama-nama yang terbaik) dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu”. (Al-Isra’: 110)

 

6. Ucapan

 

دَعْوَىٰهُمْ فِيهَا سُبْحَٰنَكَ ٱللَّهُمَّ وَتَحِيَّتُهُمْ فِيهَا سَلَٰمٌ ۚ وَءَاخِرُ دَعْوَىٰهُمْ أَنِ ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِينَ

Artinya: Do’a (ucapan) mereka di dalamnya ialah: “Subhanakallahumma“, dan salam penghormatan mereka ialah: “Salam“. Dan penutup doa mereka ialah: “Alhamdulilaahi Rabbil ‘aalamin“. (Yunus: 10)

 

Makna Doa

Dengan demikian dapat kita pahami bahwa doa tidak terbatas pada aktivitas lisan yang melantunkan permohonan kepada Allah, namun mencakup semua aktivitas ibadah, seperti shala adalah doa, zakat adalah doa, haji adalah doa, puasa adalah doa dan lain sebagainya.

Dalam seluruh ibadah kita, ada harapan dan penyerahan diri kepada Allah yang merupakan konsep dari doa.