KARENA CINTA ADALAH PILIHAN

KARENA CINTA ADALAH PILIHAN
Oleh: Cahyadi Takariawan

Mengapa seorang suami bisa selalu mencintai istrinya? Mengapa seorang istri bisa selalu mencintai suaminya?
Karena ia MEMILIH untuk selalu mencintai pasangan hidupnya. Ya, karena cinta adalah pilihan, dan bukan sekedar perasaan.
Untuk selalu mencintai istri, tidak menunggu hadirnya perasaan. Pun untuk selalu mencintai suami, tidak menunggu hadirnya perasaan.
Karena saat dulu menikahi, itu adalah pilihan sadar.

Tidak ada pihak yang memaksa laki-laki untuk menikah. Tidak ada pihak yang memaksa perempuan untuk menerima pinangan waktu itu.

Pernikahan terjadi sebagai pilihan sadar dari dua orang dewasa, yang memutuskan untuk membangun rumah tangga.

Jika cinta dipahami semata sebagai perasaan, maka seorang suami baru akan berlaku baik kepada istri saat perasaan itu hadir. Seorang istri baru akan melayani suami ketika perasaan itu datang.

Ketika perasaan cinta sedang tidak berada di hati, maka suami akan berlaku galak kepada istri, dan seorang istri akan berlaku jahat kepada suami.

Jika begitu rumusnya, maka rumah tangga kondisinya serba tidak menentu. Berubah-ubah sesuai berubahnya perasaan.
Akan harmonis dan bahagia saat hadir perasaan cinta. Dan akan sengsara, saat perasaan itu sedang tiada, entah pergi kemana.

Karena cinta adalah pilihan

Maka, cinta bukanlah perasaan yang ditunggu, namun sebuah pilihan yang harus diambil dengan sadar.

 

“Aku sudah memilihmu menjadi pendampingku, aku sudah menikahimu, maka aku memilih untuk selalu mencintaimu di sepanjang kehidupanku”.

“Aku tidak perlu menunggu datangnya perasaan cinta, namun aku tetap mencintaimu sebagai pilihan sadarku. Sebagaimana dulu aku menikahimu dengan pilihan sadarku, dengan sepenuh tanggung jawabku”.

 

Begitulah cara jika ingin selalu bisa mencintai pasangan sepanjang waktu. Jangan menunggu hadirnya perasaan. Jangan pasif menunggu keajaiban.

See also  Memohon Surga Tertinggi, Surga Firdaus

Karena cinta adalah pilihan dan bukan semata perasaan.

Maka jika Anda menikah, lakukan sebagai pilihan sadar.Ambil tanggung jawab Anda sebagai orang dewasa. Setelah menikah, Anda akan bisa memilih untuk selalu mencintai pasangan Anda.

Karena cinta adalah pilihan, bukan semata perasaan.