Arti gerakan mata pada anak

Arti gerakan mata pada anak – Kenapa Mata dapat digunakan untuk mengetahui pikiran anak ataupun orang lain? Karena mata merupakan suatu yang dapat mewakili jalan pikiran atau kata hati seseorang. Anda bisa melihat isi hati seseorang bahkan hanya dengan melihat matanya. Melalui mata, kita bisa mengetahui apakah seseorang sedang sedih, gembira, bersimpati, membenci, bahkan bermaksud baik atau jahat. Dengan kata lain, mulut boleh berkata apa saja, tetapi mata tidak bisa bohong!

Sebagai contoh, jika seseorang berbohong, pastilah dia akan berusaha menghindari berlamalama menatap muka lawan bicaranya. Biasanya ia hanya mampu menatap Anda maksimal selama dua pertiga lamanya waktu pertemuan. Sesekali ia pasti akan menunduk atau pandangannya berjalan kemana-mana, misalnya ke dinding, menatap tanah atau sepatu, untuk menyembunyikan rahasia yang disembunyikannya dari anda. Dengan kata lain, apabila seseorang itu jujur, pasti ia tidak ragu untuk menatap mata lawan bicaranya dengan mantap.

Di dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menjumpai berbagai macam isyarat gerakan mata, dan setiap isyarat pastilah menyimpan maksud tertentu.

Gerakan mata
Perasaan anak bisa terjalin dari gerakan mata

Berikut ini adalah arti gerakan mata:

1. Gerakan mata berupa kedipan

Normalnya, manusia akan berkedip 8-15 kali per menit. Apabila frekewensi berkedip menjadi terlampau sering, bisa dipastikan bahwa orang tersebut sedang dalam keadaan tertekan atau minimal gelisah. Orang yang sedang mengedipkan mata sebenarnya sedang berusaha untuk menjelaskan sesuatu, merasa malu terhadap sesuatu, atau sebagai respon akan suatu hal yang mereka dengar tetapi tidak mereka sukai. Artinya, jika Anda menemui lawan bicara seperti itu, maka segeralah mengganti topik pembicaraan atau buatlah lawan bicara Anda menjadi tertarik kembali dengan sesuatu yang lain. Orang yang sedang berbohong biasanya juga memperlihatkan pola kedipan mata yang lebih cepat.

See also  Noak.id

Namun, bagaimana dengan orang yang jarang berkedip? Konon orang yang jarang berkedip biasanya merasa kedudukannya lebih tinggi daripada lawan bicaranya. Tetapi ada juga yang mengatakan orang yang jarang berkedip menunjukkan dia sedang berkonsentrasi terhadap sesuatu. Atau, bahkan malah sedang tertarik dengan lawan bicaranya. Tetapi, tentu saja dia sedang tertarik apabila tatapannya diikuti oleh raut wajah yang ramah atau tersenyum pada Anda.

2. Gerakan mata melihat ke kiri atas

Jika Anda sedang bertanya pada seseorang, lalu terlihat matanya bergerak ke atas lalu melirik ke sebelah kiri, maka hal itu tanda dia sedang mengingat-ingat pengetahuan atau pengalaman yang su terkait dengan pertanyaan Anda. Arah pandangan ke kiri atas lebih terkait dengan penggunaan memori dalam otak, alias seseorang yang sedang mengingat atau menerangkan fakta.

3. Gerakan mata melihat ke kanan atas

Jika Anda bertanya dan mata orang itu terlihat mengarah ke sisi kanan atas, hal itu menandakan bahwasannya dia tidak siap dengan jawabannya. Atau, sedang mencari-cari jawaban, atau berusaha mengarang sesuatu. Isyarat gerakan mata ke kanan atas ini juga dapat bermakna lamunan, pemalsuan, atau berbohong.

Namun demikian, bagian kanan atas sangat terkait dengan fungsi otak kanan, alias bagian otak kreatif dan imajinatif. Jadi, arti dari isyarat gerakan mata ini juga tergantung pada konteks pertanyaannya. Jika pertanyaan menyangkut sesuatu yang bersifat persoalan menggambarkan sesuatu, maka adanya gerakan mata ke kanan atas berarti dirinyaa sedang berproses kreatif . Tetapi jika pertanyaannya terkait dengan sebuah kesaksian, maka dia sedang berbohong (mengarang) jika matanya mengarah ke bagian kanan atas.

4. Gerakan mata melihat ke kiri bawah

Isyarat gerakan mata ini dapat berarti dia sedang mengenang, mengingat atau mengambil fakta dari memori otaknya. Orang yang sedang melirik ke bawah lalu ke kiri menunjukkan adanya percakapan batin. Dengan kata lain, dia sedang berusaha mengambil sebuah keputusan penting. Hingga ia akan mencoba mengingat-ingat dari memorinya manfaat dan resiko jikalau ia mengambil keputusan itu.

See also  Memuliakan Anak Yatim

5. Gerakan mata melihat ke kanan bawah

Gerakan ini merupakan isyarat kreatif, dan bukanlah suatu rekayasa. Artinya, mata ke kanan bawah sangat terhubung dengan perasaan seseorang. Sebagai missal, cobalah bertanya kepada seseorang,

“Apa yang sedang Anda rasakan saat jatuh cinta…?”

Coba perhatikan matanya yang pelan-pelam akan bergerak ke bawah lalu ke kanan untuk mengingatingat perasaannya saat hal yang ditanyakan itu terjadi.

6. Gerakan mata ke kiri lalu lurus ke depan

Mata yang lurus terkait dengan suara. Sehingga mata yang memandang ke kiri lalu lurus berarti dia sedang mencari bunyi dan suara yang pernah mereka dengar dari memorinya. Semisal, jika anda menanyakan apa lagu favorit seseorang, pasti matanya akan cenderung melihat ke kiri lalu lurus ke depan.

7. Gerakan mata ke kanan lalu lurus ke depan

Mata yang ke kanan berarti dia sedang berfikir kreatif atau sedang tak dapat menjawab pertanyaan secara langsung. Sementara itu, mata lurus berarti dia sedang menebak-nebak sebuah suara. Sebagai missal, katakanlah pada seorang, “Suara Anda merdu, mirip Rosa”, lalu perhatikan mata mereka yang akan bergerak lurus ke depan lalu ke kanan.

Itulah beberapa arti gerakan mata pada anak bahkan terjadi juga pada hampir semua orang. Sebgai orang tua biasanya kita akan mengetahui secara tidak langsung apa kondisi dan yang ingin disampaikan oleh seorang anak kepada kita itu terjadi karena hubungan erat baik secara lahir maupun batin. Begitupun dengan orang lain, jika sudah terjalin kedekatan maka akan cepat sekali kita mengetahui dan menyadari keingnan mereka.